SMA ZULARBI SURAKARTA
Jln. Citarum No. 02
Pasar kliwon Surakarta
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : SPI
Kelas/ Semester : X
/ 1 (Satu)
Alokasi Waktu :
45 menit
Pertemuan ke : 2
Standar Kompetensi
Memahami
ayat tentang semangat dalam beramal saleh
dan bertawakal.
Kompetensi Dasar
- Membaca Q.S. Asy-Syarh
- Menjelaskan makna ayat-ayat Q.S. Asy-Syarh
- Memahami isi pokok Q.S. Asy-Syarh.
Indikator
- Mampu membaca Q.S. Asy-Syarh
- Mampu menjelaskan makna ayat-ayat Q.S. Asy-Syarh
- Mampu memahami isi pokok Q.S. Asy-Syarh
Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu membaca Q.S. Asy-Syarh
- Siswa mampu menjelaskan makna ayat-ayat Q.S. Asy-Syarh
- Siswa mampu memahami isi pokok Q.S. Asy-Syarh
Materi Pokok
Q.S. Asy-Syarh
Uraian materi pokok:
- Arti Q.S. Asy-Syarh
- Makna Q.S. Asy-Syarh
Sumber buku:
- Q.S. Asy-Syarh
- Tafsir Juz ‘Amma Ibnu Katsir
- Tafsir Juz ‘Amma al-Misbah
Metode Pembelajaran
Reading guide
Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan awal
1. Apersepsi dan motivasi belajar.
2. Menyampaikan tes awal (pre
test).
3. Penjelasan tentang bahan ajar dan kompetensi yang akan dicapai.
- Kegiatan Inti
- Guru menentukan topik.
- Guru Bagikan teks / bacaan kepada mahasiswa
- Guru membagikan guide
- Siswa diminta mengisi guide sesuai bacaan.
- Siswa mempresentasikan jawaban dan diskusi.
- Guru memberi klarifikasi.
- Penutup
- Menyimpulkan materi pembelajaran.
- Menyampaikan tes akhir (post test).
- Informasi bahan ajar pertemuan berikutnya.
- Refleksi.
Alat dan Sumber
- Laptop
- Lembar kertas
- Q.S. Asy-Syarh
- Tafsir Juz ‘Amma Ibnu Katsir
- Tafsir Juz ‘Amma al-Misbah
Penilaian
- Penilaian poses belajar melalui pengamatan, observasi, tanya jawab, dan tugas.
- Penilaian hasil belajar melalui tugas individu untuk mengerjakan soal-soal latihan
- Alat penilaian: lembar pengamatan dan soal-soal pilihan ganda dan esay.
Surakarta
14 April 20012
Mengetahui
Kepala
sekolah
Guru Mata Pelajaran
Ahmad
Yasin
Suranto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar